James Derulo's

Portfolio

Game Octopath Traveler: JRPG yang Ternyata Unik dan Berbeda !!!

Leave a Comment

Banyak gamer yang sepertinya akan setuju bahwa salah satu pendekatan unik pertama yang ditawarkan Square Enix di Octopath Traveler adalah presentasi visual yang ia usung. Alih-alih bergerak dalam ranah 2D atau 3D pada umumnya, ia mengusung pendekatan 2.5D. Anda akan bertemu dengan desain visual, baik karakter ataupun dunia, dalam bentuk piksel ala game-game JRPG lawas, namun dengan ragam efek game-game model 3D. Dari sistem pencahayaan, bayangan, hingga depth of field yang diusung di sini, membuat cita rasa modern yang kentara. Menggabungkan kedua kutub, visualisasi lawas dan modern di satu ruang ini, memang membuat Octopath Traveler terasa berbeda dibandingkan JRPG pada umumnya.

Namun visualisasi bukanlah satu-satunya hal yang membuat game ini terasa unik sebagai sebuah game JRPG. Pendekatan cerita yang ia usung juga begitu berbeda dengan “identitas” JRPG selama ini. Jika kebanyakan game JRPG akan membawa Anda pada satu garis cerita linear dimana para ksatria berusaha menyelamatkan dunia dari sebuah marabahaya yang mengancam, dan oleh karena itu berpetualang bersama, Octopath Traveler tidak menawarkan hal tersebut. Memasuki waktu 20 jam permainan, game ini tidak punya satu “Misi bersama”. Cerita disajikan berbeda untuk masing-masing individual yang punya masalah mereka sendiri-sendiri, yang juga dibagi ke dalam ragam chapter berbeda. Satu-satunya alasan mereka bergabung dalam satu party hanya karena itu akan memudahkan misi pribadi mereka selesai. Cukup terasa individualistik untuk sebuah game JRPG.


Pendekatan yang berbeda juga muncul dari sistem Job yang kini juga tidak mempengaruhi rangkaian Skill atau senjata seperti apa yang bisa gunakan saat bertarung, tetapi juga pada proses eksplorasi itu sendiri. Bergantung pada job yang Anda miliki dan karakter yang Anda bawa, Anda akan bisa mengakses kemampuan khusus yang bisa diaplikasikan untuk menyelesaikan misi sampingan, meraih keuntungan ekstra di luar pertarungan, atau sekedar merekrut ekstra tambahan tenaga untuk party. Misalnya? Salah satu karakter – Therion yang memang diceritakan punya job sebagai Thief misalnya, bisa menggunakan skill khusus eksplorasi – Steal yang memungkinkannya untuk mencuri ragam objek dan item dari para NPC dengan sistem persentase kesuksesan.


Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar