James Derulo's

Portfolio

Game Detroit – Become Human: Konsekuensi Teknologi !!!

Leave a Comment

Proyek perdana untuk Playstation 4 ini memang tidak main-main. Quantic Dream membangunnya menggunakan engine teranyar – Kara Engine yang memang terlihat memesona. Berbeda dengan beberapa seri sebelumnya yang membawa pengalaman yang walaupun fiksi, tetapi masih mengakar pada dunia yang kita kenal selama ini, David Cage – sang penulis cerita memutuskan untuk membawa sebuah skenario pengandaian. Sebuah visuallisasi dan presentasi dunia masa depan, dimana Android menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Namun tidak sampai pada tahap sci-fi dimana segala sesuatunya tidak lagi bisa dirasionalisasi dengan standar hidup manusia saat ini, ia masih terasa seperti teknologi yang bisa dicapai.

Salah satu hal yang fantastis dari Detroit: Become Human sejak pertama kali Anda menikmatinya adalah potret hidup manusia modern yang ia sampaikan secara realistis. Memainkan cerita dari tiga karakter yang berbeda yang masing-masing punya motivasi dan garis ceritanya sendiri – Markus, Connor, dan Kara, Anda akan menemukan sebuah dunia masa depan yang tidak secara otomatis indah karena kehadiran para Android yang kini memang bisa menggantikan manusia di beragam tugas berbahaya dan menjemukan.


Kehadiran teknologi ini juga menghasilkan konsekuensi negatif yang cukup menggelitik. Dari hilangnya lapangan kerja, ketakutan dan ramalan akhir zaman oleh agama-agama terkait, eksploitasi seksual, hingga kekerasan dalam rumah tangga. Semuanya diarahkan seperti judul yang ia usung, untuk memicu pertanyaan sederhana, “Apa yang membuat manusia seorang manusia?”. Kombinasi ini, apalagi mengingat bagaimana Quantic Dream juga meminta tiga komposer musik berbeda untuk tiga karakter berbeda ini, menghasilkan sisi presentasi yang pantas diacungi jempol.



Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar