James Derulo's

Portfolio

Playstation Classic Gunakan Game “Lambat” versi PAL !!!

Leave a Comment

PAL atau NTSC, setidaknya gamer generasi saat ini tidak perlu lagi dibingungkan dengan konsep yang sempat terjadi di industri game masa lalu ini, khusus di era Playstation pertama. Untuk Anda yang tidak terlalu familiar, keduanya merupakan sistem encoding video yang masing-masing punya kelebihan dan kelemahannya masing-masing dan seringkali “terikat” dengan region dan negara tertentu.

PAL punya resolusi video lebih tinggi, namun framerate lebih rendah di 25 fps, sementara NTSC punya resolusi lebih rendah, sementara framerate dikunci di 30fps. Oleh karena itu game NTSC biasanya berjalan lebih mulus dan terasa lebih cepat, sementara versi PAL berujung lebih lambat sekitar 17% di sisi framerate. Percaya atau tidak, untuk konsol nostalgianya, Sony ternyata menjatuhkan pilihan pada game versi PAL yang seperti bisa diprediksi, membuat pengalaman bermain game-game klasik Playstation pertama ini tidak semulus yang dibayangkan.

Informasi ini meluncur setelah beberapa media luar yang kebetulan sudah mencicipi dan menguji Playstation Classic membaginya ke publik. Banyak yang menyoroti keputusan “aneh” Sony untuk memasukkan setidaknya 9 buah game versi PAL ke dalam jajaran 20 game rilis Playstation Classic. Dengan game yang mentok berjalan di 50fps, beberapa game seperti Tekken 3 dan Battle Arena Toshinden kabarnya mengalami pelambatan gameplay yang cukup signifikan. Apalagi jika Anda membandingkannya dengan game serupa di Playstation 1 original atau sekedar proses emulasi.


Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar