James Derulo's

Portfolio

Mengenal Apa itu Tanda Tangan Digital dan Kegunaannya !!!

Leave a Comment

Bagi kamu yang kerja kantoran, mahasiswa, atau pelajar pasti akrab kan dengan dokumen-dokumen yang harus ditanda tangani. Sebut saja kamu sedang butuh tanda tangan dosen pembimbing untuk daftar wisuda tapi ternyata dosen sedang di luar negeri. Pasti susah kan mendapat tanda tangan beliau? Nah, inovasi tanda tangan dalam bentuk digital ini solusinya!
Apa bedanya dengan memasukkan file tanda tangan bentuk PNG atau scan tanda tangan menggunakan scanner? Beda lho ya! Kalau tanda tangan seperti itu mudah dipalsukan dan dimanfaatkan untuk kejahatan siber.
Sedangkan tanda tangan digital yang akan disematkan pada sebuah dokumen PDF itu telah melalui proses enkripsi. File tersebut dikunci dengan PIN yang hanya bisa dipakai oleh pemberi tanda tangan.

Sistem ini juga sudah disahkan oleh pemerintah, dijamin aman deh. Lalu apa saja manfaat dari tanda tangan dalam bentuk digital? Ada beberapa manfaat utamanya :
* Pertama, jadi lebih cepat, efisien, mudah. Kita tidak perlu menemui atasan, dosen, atau guru untuk minta mengesahkan dokumen. Cukup kirimkan file lewat email dan minta disahkan. Tak ada lagi alasan jarak yang jauh maupun kesibukan.
* Kedua, hemat kertas dan ramah lingkungan. Bayangkan berapa banyak kertas yang habis untuk mengesahkan berbagai dokumen? Dengan menggunakan dokumen dan tanda tangan berbentuk digital pastinya kita bisa menghemat lebih banyak kertas.

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar