James Derulo's

Portfolio

Efek Hidung Pinokio Benar-benar Ada

Leave a Comment


Hidung boneka kayu Pinokio akan memanjang bila ia berbohong. Sejak dulu dongeng ini selalu mengajarkan kepada anak-anak untuk berkata yang sebenarnya atau akan menerima risiko akibat berbohong.

Sebuah studi ternyata menemukan reaksi berbeda ketika seseorang berkata bohong. Studi tersebut menunjukkan efek yang mirip seperti kasus Pinokio.

Beberapa psikolog menginvestigasi bagaimana keadaan mental mempengaruhi suhu tubuh. Perubahan terutama terjadi di hidung dan sekitar sudut mata yang memanas.

Tim dari University of Granada, Spanyol, mengungkapkan efek Pinokio ini hanya satu dari banyak perubahan suhu tubuh yang berhubungan dengan perasaan mereka. Ini disebut dengan termografi.

Termografi sangat jarang digunakan untuk penelitian psikologi. Penelitian dengan metode ini menggunakan kamera khusus untuk mendeteksi radiasi inframerah yang menghasilkan gambar benda berdasarkan tanda panas dari tubuh pasien. 

Kamera termografi dikembangkan Amerika Serikat selama Perang Dunia Kedua. Saat ini kamera tersebut dipakai untuk mengukur energi gedung dan pendeteksi penyakit pernafasan pada sapi atau rabies di rakun.

Emilio Gómez Milán dan Elvira Salazar López dari University of Granada adalah dua orang pertama yang menggunakan termografi untuk penelitian psikologis. Mereka menemukan ketika seseorang menggambarkan perasaan yang sebenarnya, suhu di sekitar hidung akan meningkat dan elemen otak yang disebut dengan 'insula' diaktifkan. Insula adalah komponen dari sistem reward otak dan hanya aktif bila seseorang mengalami perasaan yang sesungguhnya, seperti ketika berbohong.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar